Bisnis Apakah yang Paling Menguntungkan, Jual Beli Motor Bekas atau Mobil Bekas?

Iseng iseng mencari sampingan, teringat salah-satu saudara dekat yang merupakan seorang PNS tapi “nyambi” jualan mobil dan motor bekas yang terlihat lumayan menguntungkan bagi beliau. Untuk itulah saya riset topik ini menjadi sebuah tulisan dan semoga bermanfaat bagi pembaca dan saya pribadi.

jual beli mobil motor

Saat ini banyak sekali cara yang bisa anda lakukan untuk memulai bisnis yang menghasilkan pundi pundi uang.  Selain jual beli properti, bisnis jual beli kendaraan juga lumayan cerah. Diantara banyaknya jenis kendaraan yang ada di negeri kita ini, bisnis apakah yang paling menguntungkan, jual beli motor bekas atau mobil bekas?

Namun sebelum kita membahas mengenai jual beli motor dan mobil bekas, mari kita lihat fakta yang terjadi saat ini.  Sekarang kita bisa melihat banyaknya kendaraan yang berlalu lalang di jalan raya.  Jika kita perhatikan, jumlah kendaraan yang paling banyak adalah motor.

Para produsen motor mampu menjual hingga 10 juta unit setiap tahunnya.  Hal ini dikarenakan mudahnya masyarakat untuk mendapatkan motor melalui sistem kredit. Dengan melihat kondisi ini, apakah anda masih belum mendapatkan jawaban untuk pertanyaan anda mengenai  bisnis apakah yang paling menguntungkan, jual beli motor bekas atau mobil bekas?.   Jika ya, lanjutkan membaca!

Dalam menentukan suatu bentuk usaha, ada beberapa faktor yang menentukan keberhasilan anda dalam menjalankannya.  Setiap faktor mungkin memiliki pengaruh yang berbeda di setiap daerah.  Karena itu, cara anda memodifikasi solusi yang disajikan berikut ini akan menentukan keberhasilan anda dalam mencapai target.

  1. Modal

Salah satu faktor utama dalam membuka sebuah bisnis adalah adanya modal untuk memulai usaha.  Modal yang tersedia digunakan untuk menjalankan operasional awal bisnis sebelum mendapatkan keuntungan. Biaya operasional yang dibutuhkan antara lain:

  • Pembelian bahan baku

Dalam hal jual beli kendaraan, anda harus mempersiapkan dana untuk membeli kendaraan bekas, baik itu mobil maupun motor.  Dana yang harus dikeluarkan pun berbeda.  Untuk membeli sebuah mobil, tentunya anda harus merogoh kocek lebih dalam ketimbang saat anda membeli motor.  Tapi bisa jadi anda beruntung mendapatkan mobil atau motor yang harganya jauh lebih murah daripada harga di pasaran.

  • Biaya pemasaran

Jika anda sudah memiliki produk yang akan dijual, maka selanjutnya anda harus mempromosikan produk tersebut untuk menarik calon pembeli.  Promosi yang baik tentunya membutuhkan dana.  Namun jika anda kesulitan untuk menyediakan dana promosi, anda bisa menggunakan media promosi gratis seperti media sosial.

  • Biaya packaging dan pengiriman

Dalam jual beli kendaraan, anda mungkin tidak membutuhkan packaging, tapi anda harus mengeluarkan dana untuk membuat kendaraan yang anda jual terlihat menarik.  Selain itu, anda juga harus memikirkan biaya pengiriman kendaraan ke lokasi pembali.

  1. Gunakan tenaga ahli

Jika anda tidak memiliki kemampuan di dunia otomotif, ada baiknya anda menggunakan jasa seorang teknisi kendaraan untuk membantu anda dalam memilih, memeriksa, dan memperbaiki kendaraan yang akan anda jual.

  1. Analisa pasar

Sebelum anda memulai proses pemasaran, sebaiknya anda analisa kebutuhan pasar.  Jika anda mengetahui target pasar yang sesuai dengan jenis usaha anda, maka anda tidak akan kesulitan dalam memasarkan produk anda.

Selain itu, anda juga bisa menemukan informasi mengenai produk yang sedang laku di pasaran.  Anda tinggal menyesuaikan bisnis anda dengan permintaan pasar agar anda mendapatkan hasil yang lebih memuaskan.

  1. Buat strategi pemasaran yang tepat

Analisa pasar yang sudah anda lakukan sebelumnya berguna untuk merencanakan strategi yang tepat dan lebih tertarget.  Jika anda melakukan promosi pada target pasar yang sesuai dengan jenis usaha anda, maka kesempatan anda untuk mendapatkan pembeli akan jauh lebih besar.  Anda juga bisa menekan biaya promosi jika anda memasarkan produk anda dalam segmen pasar yang lebih tertarget.

  1. Baca situasi

Setiap produk akan memiliki masa dimana angka penjualannya mencapai rekor tertinggi.  Anda juga harus membaca pola penjualan agar anda dapat mempersiapkan promosi yang tepat dalam proses pemasaran anda.

Misalnya, perhatikan apakah minat masyarakat untuk membeli kendaraan meningkat saat awal bulan ketika mereka baru menerima gaji atau saat awal tahun ajaran dimana siswa dan mahasiswa mencari kendaraan untuk memudahkan perjalanan mereka.  Jika anda menyesuaikan promosi yang tepat pada “peak time” ini, tentunya hasil penjualan anda akan melambung tinggi daripada hari hari biasa.

  1. Jangan lupa dengan masalah legalitas

Legalitas mencakup ijin usaha dan juga dokumen produk yang anda jual.  Jika anda memperjualbelikan kendaraan bodong atau tidak memiliki surat surat yang lengkap, anda bisa saja dianggap sebagai penadah kendaraan curian.  Karena itu, sangatlah penting untuk memperhatikan kelengkapan kendaraan yang akan anda jual.

Sedangkan untuk perijinan usaha, anda bisa saja menundanya jika anda belum memiliki modal yang cukup.  Tapi jangan sampai anda tidak mengurus perijinannya karena usaha yang memiliki badan hukum akan lebih mudah mendapatkan kepercayaan konsumen.

Jika anda masih kebingungan untuk memilih antara jual beli mobil bekas ataupun motor bekas, poin yang telah disebutkan diatas dapat membantu anda untuk menentukan mana yang lebih tepat untuk anda.  Jadi bukanlah jenis produk yang menentukan keuntungan yang besar, tapi kemampuan anda untuk menjalankan bisnis ini secara maksimal.

Jadi bisnis apakah yang paling menguntungkan, Jual beli motor bekas atau mobil bekas?  Anda tentukan sendiri jawabannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright Rumah Minimalis 2018
Shale theme by Siteturner