Tips Jitu Menghindari Penipuan Dalam Jual Beli Rumah

Rumah, selain menjadi tempat bernaung juga dapat menjadi sebuah investasi jangka panjang.  Nilainya yang selalu meningkat setiap tahunnya menarik banyak pihak untuk meraih keuntungan yang menggiurkan.

penipuan jual beli rumah properti

Sayangnya prospek dalam dunia properti ini juga menarik minat oknum oknum tidak bertanggung jawab untuk memanfatkan kondisi ini.  Hati hati! Banyak kasus penipuan jual beli rumah murah, begini cara menghindarinya.

Dalam dunia properti, ada 2 pihak yang berpotensi mengalami penipuan, yaitu pihak pembeli dan pihak penjual.  Masing masing pihak memiliki cara yang berbeda dalam menghindari terjadinya penipuan.

Pembeli

Sebagai seorang pembeli, anda harus lebih berhati hati karen transaksi yang akan anda lakukan melibatnya jumlah uang yang banyak.  Jangan sampai anda merugi karena sudah mengeluarkan banyak uang, tapi hasil yang anda dapatkan mengecewakan.  Anda bisa mengikuti beberapa langkah berikut ini.

  1. Jeli memilih

Saat anda mengunjungi rumah yang menarik minat anda, sebaiknya periksa kondisi rumah tersebut dengan teliti.  Perhatikan seluruh bagian bagian rumah, khususnya bagian yang tidak terlihat.  Anda bisa membawa seorang ahli bangunan untuk membantu anda menilai kondisi rumah tersebut.

Jangan lupa untuk bertanya pada warga sekitar mengenai keadaan disekitar rumah.  Anda akan tinggal di lingkungan dimana rumah tersebut berada.  Jadi pastikan keluarga anda akan tinggal dalam lingkungan yang aman dan nyaman.

  1. Periksa dokumen kepemilikannya

Minta bantuan notaris untuk memeriksa legalitas dokumen kepemilikan rumah yang anda hendak beli.  Pastikan dokumen tersebut tidak bermasalah.  Pastikan juga tidak ada pihak pihak yang mungkin dapat menuntut anda jika terjadi masalah sengketa.

  1. Bandingkan harga

Banyak orang yang mudah tertipu saat membeli rumah dan membayar terlalu mahal untuk mendapatkannya.  Karena itu, anda harus periksa harga pasaran properti di area sekitarnya.  Jika anda mengetahui harga pasarannya, anda kakan memiliki kekuatan untuk menegosiasikan harga akhirnya.

  1. Pengurusan dokumen kepemilikan

Diskusikan mengenai proses pengurusan dokumen kepemilikan rumah setelah negosiasi harga tercapai.  Tanyakan apakah harga akhir tersebut sudah termasuk biaya pengurusan dokumen, seperti biaya balik nama atau pecah sertifikat.  Jangan sampai karena tidak ada kejelasan, anda harus mengeluarkan uang lahgi untuk mengurusnya.

Penjual

Jika anda berniat untuk menjual rumah anda sendiri ataupun milik kerabat anda, pastikan beberapa hal berikut ini agar terhindar dari tindakan penipuan atau bahkan tindakan kejahatan lainnya.

  1. Survey bersama

Jika anda mendapatkan permintaan untuk survey rumah dari calon pembeli, usahakan untuk melakukannya bersama orang yang anda kenal.  Hal ini untuk menghindari jika ada begal yang menyamar menjadi calon pembeli hanya untuk memasuki rumah.

  1. Amankan barang barang berharga

Anda harus ekstra hati hati saat menemani calon pembeli untuk survey rumah.  Bagaimanapun juga mereka adalah orang asing yang tidak anda ketahui niat sebenarnya.  Jadi pastikan untuk menyimpan barang barang berharga di tempat yang aman sebelum rumah anda didatangi calon pembeli.

  1. Catat identitas calon pembeli

Selain untuk memudahkan anda dalam menindaklanjuti proses jual beli rumah, dengan mencatat identitas lengkap calon pembeli bisa menjadi langkah preventif jika terjadi hal hal yang tidak diinginkan.  Jika anda memiliki identitas lengkap si pelaku, anda tinggal membawa data dan informasi yang anda miliki ke kantor polisi.

  1. Tahan sikap antusias berlebihan

Saat ada seseorang yang menghubungi anda dan mengungkapkan ketertarikannya dengan rumah yang anda jual, jangan terlalu bersemangat mengikuti keinginan orang tersebut.  Alangkah lebih baik jika anda menggali lebih banyak informasi mengenai orang yang ingin membeli rumah anda seperti data data pribadinya, alasannya untuk membeli rumah, dan kenap tertarik dengan rumah yang anda jual.

Perhatikan juga tingkah lakunya saat bertemu langsung dengan anda.  Orang yang berniat jelek cenderung gelagapan saat anda menanyakan hal tersebut diatas.  Lihat juga perilakunya.  Orang yang tidak jujur akan bersikap canggung dan berusaha menghindari pertanyaan anda yang mungkin bisa membongkar rencananya.

Selain itu, anda juga perlu tahu bahwa tidak semua orang yang menghubungi anda adalah orang yang tertarik dengan rumah yang anda jual.  Orang orang ini biasanya adalah agen agen atau makelar properti yang menawarkan bantuan untuk menjualkan rumah anda.  Bantuan ini tentu tidak gratis.  Mereka akan menegosiasikan besaran komisi yang harus anda berikan jika anda menerima tawaran mereka.

Bisnis properti memang menjadi ladang uang bagi mereka yang memahami potensi yang ada didalamnya.  Karenanya, kehati-hatian adalah faktor terpenting dalam setiap transaksi properti.  Selalu simpan informasi detail tentang orang orang yang berinteraksi dengan anda dan posisinya dalam transaksi properti (bisa jadi orang yang berinteraksi dengan anda hanyalah pihak ketiga).

Tidak ada salahnya jika anda meminta bantuan orang yang ahli di bidang properti untuk membantu menjualkan atau mencarikan rumah.  Dengan cara ini, anda tidak perlu repot repot berinteraksi langsung dengan orang asing yang ingin membeli rumah anda atau mempunyai rumah yang sedang anda cari (jika anda pembelinya).  Dengan tips diatas, anda tentunya dapat terhindar dari penipuan jual beli rumah. Selalu berhati-hati dan semoga sukses!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright Rumah Minimalis 2018
Shale theme by Siteturner