Tips Untuk Mengamankan Keuangan Dimasa Depan

Mengamankan keuangan keluarga di masa depan merupakan hal yang sangat penting, terlebih jika status anda adalah karyawan. Jika pendapatan memburuk, setidaknya anda sudah melakukan tindakan pencegahan untuk mengatasi keadaan hingga keuangan anda kembali normal.

mengamankan uang

Dalam artikel ini, anda akan mendapatkan tips untuk mengamankan keuangan dimasa depan, bagi karyawan: jangan terlambat!

  1. Buat anggaran pengeluaran

Dengan membuat anggaran pengeluaran yang jelas, anda akan mampu mengatur dana yang anda miliki dan bagaiamana anda menggunakannya.  Rencana anggaran yang anda buat juga dapat mengenali masalah jika anda terlalu boros.  Jika anda mampu mengatasi keborosan anda atau anggota keluarga yang lain, maka keuangan anda pelan pelan akan mulai membaik.

Cara terbaik untuk mengatur anggaran anda adalah dengan mengikuti pola 50-30-20.  Pola ini mengatur besarnya anggaran yang anda gunakan untuk keperluan tertentu.

  • 50 % dari pendapatan anda dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan sehari hari seperti listrik, air, sewa rumah, dan lain sebagainya.
  • 20 % digunakan untuk keperluan finasial seperti membayar cicilan, tabungan, atau mungkin investasi.
  • 30 % atau sisanya bisa anda gunakan untuk kebutuhan pribadi anda seperti jalan-jalan, belanja elektronik, dan mencari hiburan.
  1. Tentukan target keuangan anda

Saat kita memiliki sebuah tujuan, maka kita akan bisa lebih fokus pada target yang telah ditetapkan.  Sama halnya dengan keuangan anda.  Jika anda bisa menentukan tujuan anda dalam mengatur anggaran pengeluaran bulanan, anda akan lebih fokus dan disiplin untuk mencapainya.  Misalnya, anda mungkin ingin menabung untuk membeli rumah, atau setidaknya mempersiapkan uang muka untuk mengajukan KPR.

Dengan membuat target yang jelas, berarti anda sudah mempersiapkan diri jauh hari sebelum anda membutuhkan dana tersebut.  Jadi anda tidak akan kebingungan mencari pinjaman dalam kondisi darurat karena anda sudah memiliki tabungan.

  1. Simpan sebagian penghasilan anda

Seperti yang telah disebutkan diatas, anda harus mulai menyisihkan sebagian penghasilan anda untuk menabung.  Idealnya, nilai anggaran tabungan anda adalah 20 %, itupun jika anda mampu menyisihkan sebesar itu.  Tapi usahakan untuk menabung setiap bulan.

Namun ada kesalahan yang sering dilakukan banyak orang.  Mereka sering menyisihkan dana untuk menabung dari sisa anggaran tiap bulan.  Jika anda lakukan hal yang sama, tidak mustahil dana tabungan anda akan terus menyusut.  Sebaiknya anda sisihkan dana untuk menabung di awal bulan, saat anda baru menerima gaji.  Dengan begitu, anda bisa konsisten menabung sebesar  20% dari total penghasilan anda.

  1. Mulailah berinvestasi

Selain tabungan, anda juga akan membutuhkan sebuah investasi untuk mengamankan masa depan anda.  Anda tidak perlu berpikir untuk berinvestasi puluhan juta.  Banyak sekali cara yang bisa anda pilih untuk berinvestasi dengan dana yang kecil, yang sesuai dengan penghasilan anda.

Sebagai contoh, anda bisa memilih berinvestasi reksa dana, emas perhiasan, ataupun antam.  Kembangkan terus investasi anda dengan terus menambah nilainya.  Anda bisa alokasikan 10 % dari dana yang anda gunakan untuk menabung.

  1. Atur belanja harian anda

Karena setengah dari penghasilan bulanan anda digunakan untuk memenuhi kebutuhan harian, anda haru pintar mengelolanya dengan baik.  Anda bisa melakukannya dengan melakukan beberapa tips dibawah ini:

  • Dahulukan kebutuhan pokok anda
  • Susun daftar kebutuhan yang akan anda beli
  • Manfaatkan penawaran khusus, diskon, atau promosi yang tersedia saat anda berbelanja.

Yang perlu anda perhatikan adalah tentukan mana yang anda butuhkan dan mana yang anda inginkan.  Sesuatu yang anda inginkan belum tentu anda butuhkan.  Jadi jangan sampai anda lapar mata dan terjebak dalam pola belanja konsumtif.

  1. Batasi pengeluaran yang tidak perlu

Mulailah menganalisa pola hidup anda.  Bisa saja gaya hidup anda justru yang banyak menghabiskan uang gaji anda.  Jika ana terbiasa untuk jalan jalan ke mall, atau nongkrong di cafe, coba untuk mengurangi intensitasnya.  Alangkah lebih baik jika pengeluaran tersebut anda gunakan untuk menabung atau berinvestasi.

Memang banyak orang yang merasa sulit untuk merubah gaya hidupnya.  Tapi jika anda ingin mengamankan masa depan anda, sebaiknya anda mulai rubah kebiasaan anda.

  1. Selalu awasi keuangan anda

Berubah itu sulit.  Karenanya, anda harus terus mengingatkan diri anda terhadap hal hal yang bisa anda rubah dari pengeluaran anda.  Dengan terus mengevaluasi pengeluaran bulanan, anda bisa menemukan pola efektif dalam mengalokasikan setiap penghasilan yang anda dapatkan.  Dalam setiap evaluasi yang anda lakukan, anda bisa merancang peta keuangan anda dengan lebih baik.

Setiap keputusan yang anda ambil tentunya memiliki resiko.  Jika anda terus mengikuti pola hidup yang anda jalani sekarang, mungkin anda tidak akan bisa memiliki masa depan keuangan yang cerah.  Tapi jika anda mau bersusah payah dimasa sekarang, anda bisa mengumpulkan dana untuk masa tua anda.

Yang terpenting sekarang adalah mulailah berubah.  Laksanakan tips tips yang telah disebutkan diatas dengan baik.  Kelak anda akan menikmati hasil jerih payah anda sedangkan orang lain hanya bisa melihat nyamannya hidup yang anda miliki nanti.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright Rumah Minimalis 2018
Shale theme by Siteturner